Monday, September 16, 2013

Cara mengucapkan huruf "R" Bagi cadel


ini bermula dari kecadelan ane ,makanya ane pengen bagi tips cara mengucapkan huruf "R" , kan gak enak kalo ditanya namanya siapa ? baras bu  , oh bagas , bukan bagas bu baras ...... ,oh baras  yaudah bagas baca ,@#!$!@$%!% , kan gak enak yaudah ga usah lama lama ini dia langkah langkahnya :


Langkah awal, coba sebutkan BREMM menggunakan bibir (kurang lebih begitu ketika lidah bergetar saat mengucapkan huruf RRR) akan terasa jika sudah mahir. 
Jika sudah berhasil langkah 1, coba MULAI mengucapakan “DE” (dekat, bandeng,berdengung) bukan seperti mengucapkan “DE” (gledek, dewa, bergandengan,) kalau dilihat di kaca, gigi tidak saling bersentuhan(tapi hampir rapat) ini dilakukan agar tetap ada udara bisa keluar, lidah menyentuh ujung gigi atas agak melengkung ke atas (sedikittt), yang jelas seperti yang saya bilang posisi seolah-olah ingin MULAI mengucapkan “DE” tapi agak menjurus ke pengucapan “TE”karena lidah maju ke depan. Dan, ingat-ingat hanya MULAI bukan sampai mengucapkannya.
Sekarang jika sudah pada posisi itu, coba ucapkan deeetreeee ditiupkan seolah-olah ingin meludah dengan kata "DE" (mirip-mirip treeehh atau drezztt) , pastikan udara berusaha keluar dari mulut, tapi tertahan sama ujung lidah, jadi posisi tetap lidah, juga sambil letakkan telapak tangan di depan mulut (5 jari), biasanya ada percikan air liur keluar sedikit-dikit serta tangan terasa tertiup.
Tiupnya agak dikeraskan dimana seolah meniup ujung lidah, konsepnya sama seperti mengucapkan breem dengan bibir, bergetar karena ditiup.
Langkah ini akan berhasil jika terasa ujung lidah ada getaran walaupun tidak banyak,
Jika masih belum ada getaran, coba angkat sedikit ujung lidah, lalu ulangi lagi.
Lakukan terus, cara ini. Jika mulai ada sedikit perubahan tingkatkan mulai mengucapkanDREEEEEN…
Kalau bisa mengucapkan DREEEEN sebenarnya tidak butuh waktu lama, karena kalau langsung tahu tekniknya hari itu juga pasti bisa, (pengalaman 3 orang) cuma kalau nyebut R inilah yang butuh beberapa hari.
Ingat lagi, ketika mulai bisa semua langkah diatas, Jangan mengawali selain huruf DD.
Apabila sudah mulai berhasil, kamu akan mampu menggetarkan lidahmu dengan baik tapi tidak bisa mengucapkan huruf RRR, dengan cara inilah nantinya kamu bisa mengucapkan huruf R dengan benar.
Yang perlu kamu ingat
Disini tidak perlu mengucapkan seolah-olah suara keluar dari tengorokan tapi hanya tiupan dan desisan..seolah-olah meludah.
Jika ujung lidah sudah bergetar, kamu tidak akan mampu mengucapkan huruf R dengan benar ( kecuali didepan huruf R ada huruf D jadi DRRR) salah satu yang selalu saya ucapkan adalah kataMANDREEEEEEE (seperti kata Enak, bukan Elang kebalikan dari di atas) itupun R nya terasa mencolok dan bisa diucapkan di hari ke 2. Ingat jangan mencoba kata selain kata itu. Seperti.
ular       = depan huruf  R adalah A jadi tidak bisa,
erna     = langsung menyebut ER di awal kata
rumah  = tidak bisa juga karena langsung menyebut huruf R diawal kata 
(ini sangat mustahilll)
Sumber:http://bilah-asa.blogspot.com

4 comments:

TUGAS PLH pertama semester 2

TUGAS PLH LAGI  yaa kali ini akan ngebahas temtang rokok,ini adalah tugas pertama di semester 2 pelajaran plh